Save Street Child

APA ITU SAVE STREET CHILD?

Save Street Child adalah sebuah organisasi yang berawal dari gerakan di media massa yang diinisiasi oleh Shei Latiefah. Melalui akun @savestreetchild, 23 Mei 2011 yang lalu, gerakan ini bermetamorfosis menjadi sebuah organisasi independen yang mempersiapkan anak-anak marjinal yang memiliki akses pendidikan minim supaya dapat menjadi generasi penerus bangsa bekal yang memadai: pendidikan dan teman baik. Kita memberi apa yang telah kita terima. Tugas manusia terdidik adalah mendidik manusia lainnya. Untuk itulah, Save Street Child lahir dan menjadi wadah bagi kaum muda untuk berbagi.

APA PROGRAM DARI SAVE STREET CHILD?

Save Street Child mengelola kelas-kelas belajar gratis yang dijalankan oleh tim pengajar yang berdedikasi dan memiliki kepekaan dan cinta dalam mendidik dan berteman dengan adik-adik marjinal. Kelas-kelas tersebut telah melalui mekanisme: survey, pendekatan terhadap warga sekitar, dan perencanaan kecil sebelum akhirnya berjalan sebagai pusat belajar-mengajar. Tim pengajar telah dibekali pelatihan sederhana tentang karakteristik adik-adik dan cara mengajar yang berazaskan pertemanan, bukan hegemoni. Sehingga adik-adik peserta belajar nyaman dan dapat berekspresi sesuai bakatnya.

APA YANG DIAJARKAN DI KELAS SAVE STREET CHILD?

Tiap-tiap kelas belajar Save Street Child dikelola oleh Tim Pengajar yang berdomisili tak jauh dari kelas belajar tersebut, sehingga tidak memberatkan. Adapun hal-hal yang diajarkan mulai dari baca, tulis, hitung, hingga ketrampilan dan keahlian khusus seperti membuat pita, bando yang kemudian bisa dijual untuk tambahan penghasilan bagi keluarga/ diri mereka sendiri. Kami juga secara reguler mengajak adik-adik ikut serta dalam Edutrip yang terselenggara secara serentak setiap 4 bulan sekali.

DIMANA SAJA KELAS SAVE STREET CHILD?

Kelas Save Street Child ada di 6 titik di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bogor. Adapun lokasi dan akun twitter kakak kepala sekolah masing-masing adalah:

- Kelas Kampung Manggah, Depok. Hub: Kak Kepsek @talitazahrah

- Kelas Kampung Beringin, Depok. Hub: Kak Kepsek @niyaadwijayanti

- Kelas Pondok Ranji, Tangerang Selatan. Hub: kak Kepsek @Cynt2

- Kelas Kelapa Dua, Jakarta Barat. Hub: Kak Kepsek @zharfanzayid

- Kelas Cikini, Jakarta Pusat. Hub: kak Kepsek @Dhimsbay

- Kelas Baranangsiang, Bogor. Hub: kak Kepsek @BelaPerdana

JEJARING SAVE STREET CHILD

Organisasi ini juga memiliki jejaring yang memiliki mimpi yang sama: membantu generasi bangsa untuk memiliki akses pendidikan. Dengan mimpi yang sama, namun manajemen yang berbeda, Save Street Child menyebarkan semangat berbagi hingga ke 17 kota: Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Medan, Makassar, Manado, Palembang, Padang, Madura, Jember, Blitar, Depok, Pasuruan, Malang, Semarang, Solo dan Mojokerto.

CARA BERGABUNG DENGAN SAVE STREET CHILD

Cara bergabung dalam organisasi ini adalah dengan menjadi:

- Relawan Pengajar:

Relawan pengajar ini hanya dibuka ketika ada lowongan di tiap-tiap kelas belajar di Jabodetabek. Selalu pantau linimasa twitter di: @SaveStreetChild

- Donatur:

Save Street child juga mengajak anda untuk berinvestasi di masa depan dengan menjadi donatur yang dapat menyokong kebutuhan belajar adik-adik di tiap-tiap kelas.

- Supporter:

Save Street Child juga senang menerima kehadiran supporter yang menyebarkan semangat berbagi di akun-akun media sosialnya masing-masing.

SAVE STREET CHILD BISA DIHUBUNGI DI MEDIA SOSIAL:

Blog: www.savestreetchild.org

Twitter: www.twitter.com/savestreetchild

Facebook: www.facebook.com/savestreetchild

Google + : savestreetchild@gmail.com

E-mail: gerakan@savestreetchild.org

Call Center: +62856 450 66 305

No Rekening: BCA 3423272496 a/n Dinna Amaliar

Bank Mandiri 900-00-1039526-8 a/n Middy Stephanie

.