Focus Group Discussion (FGD) ICT for Humanity

Focus Group Discussion (FGD) ICT for Humanity

Date : 05 Desember 2014 ||Categories : Umum || Create by admin

Kamis, 6 November 2014 bertempat di Kantor Sekretariat AirPutih berlangsung Focus Group Discussion (FGD) yang bertemakan "Memperluas Akses Informasi Panti Sosial dan Rumah Singgah dengan ICT for Humanity".  Kegiatan ini dihadiri oleh Panti Asuhan Kebagusan, DILTS Foundation, Sekolah Bersama, Yayasan Bakti Nurul Iman dan beberapa panti lain baik yang sudah tergabung dalan portal ICT for Humanity maupun yang belum tergabung.

Tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk mengetahui relevansi program yang dijalankan dengan kebutuhan panti sosial dan rumah singgah, mengetahui sejauh mana outcome dan output yang tercapai, mengetahui pelaksaan program yang dijalankan oleh seluruh sumber daya (manusia dan teknologi), dan mengetahui kendala selama program.

Diskusi ini terbuka sehingga dari pihak AirPutih dan lembaga terkait bisa saling terbuka dan menyuarakan pendapatnya. Hal ini menjadi penting agar program ICT For Humanity dapat berjalan sesuai dengan kesepakatan bersama. Panti asuhan dan rumah singgah tersebut sadar akan pentingnya akses informasi melalui internet untuk lembaga masing-masing, supaya lembaganya dikenal donatur dan masyarakat. Apalagi setelah mengetahui tracking pengunjung portal ICT for Humanity setiap bulannya mengalami peningkatan, menurut mereka ICT for Humanity ini mempunyai peran penting dalam penyebaran informasi lembaga.

Untuk meningkatkan akses informasi lembaga melalui ICT for Humanity, diperlukan beberapa kesepakatan dengan diantaranya:

  1. Adanya pelatihan skill menulis, komputer, dan design grafis bagi anak-anak. Hal ini agar menjadi bekal anak-anak ketika memasuki dunia kerja serta mampu menuliskan kegiatan lembaganya dalam bentuk news letter atau brosur.

  2. Adanya pertemuan rutin yang diadakan dengan AirPutih dan lembaga Panti Asuhan-Rumah Singgah dengan mengusung tema-tema tertentu untuk dapat bergerak bersama atau membuat kegiatan bersama, sekaligus untuk mempererat tali silaturahmi.

  3. Pendidikan tentang Internet Sehat dan Warnet Sehat

  4. Adanya kegiatan yang mendidik ibu-ibu. Misalnya tidak hanya anak-anak yang diberi pengetahuan soal internet tetapi ibu-ibu juga harus mampu menjaga anak-anaknya dari cyber crime dengan cara pengetahuan dasar internet.

  5. Forum untuk anak-anak

  6. Membuat acara yang dananya nanti akan didonasikan ke tiap lembaga. Misalnya festival musik atau menggalang dana di Car Free Day.

Semua hasil diskusi ini akan dijadikan masukan untuk kelanjutan program ICT for Humanity, dan akan dilakukan pertemuan berikutnya dengan panti asuhan dan rumah singgah untuk membahas program bersama karena ICT for Humanity ini bisa menjadi wadah bersama untuk memperluas akses informasi dan meningkatkan kemampuan teknologi.

Karena untuk melaksanakan beberapa masukan tersebut, masih ada beberapa panti yang masih belum mempunyai infrastrukturnya seperti komputer, daya listrik yang masih rendah dan belum mempunyai koneksi internet. Hal tersebut juga penting untuk kita carikan solusinya.

.

Comments

Leave a Reply


Batas Karakter

Other posts from Umum